KKN Internasional, UNM Target Tiga Negara

KKN Internasional, UNM Target Tiga Negara

0
Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Jl. A.P. Pettarani. (Foto: Ist)
Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Jl. A.P. Pettarani. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerjasama dengan South East Asian Minister of Education Organization (SEAMEO) kembali menyelenggarakan program SEA Teacher. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional ini akan dilaksanakan di tiga negara, yaitu Malaysia, Filipina dan Thailand.

Pembantu Rektor Bidang Hubungan Kerja Sama Internasional (PR IV), Gufran Darma Dirawan mengatakan, jika sebelumnya UNM diberi jatah 7 orang, kali ini UNM diberi kuota sebanyak 14 orang.

“Pendaftarannya sudah dibuka, dan diperuntukkan bagi semester 7. Akhir Desember para peserta sudah ditetapkan. Jadi bagi mahasiswa yang mau mendaftar silahkan hubungi PD III masing-masing,”katanya.

Guru besar Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan ini menambahkan tidak semua jurusan yang ada di UNM dapat mengikuti program ini, hanya beberapa jurusan yang terdiri dari jurusan Matematika, PAUD, Bahasa Inggris, Sains dan Teknologi yang diikutsertakan dalam praktek mengajar ini.

“Pesertannya dibatasi karena ada beberapa negara juga ikut dalam kegiatan ini. Permintaan jurusan pun disesuaikan dengan bidang ilmu yang dibutuhkan,” tambahnya.

Sementara itu, syarat utama yang harus dipenuhi bagi calon peserta program praktik mengajar di negara ASEAN ini ialah selain IPK yang tinggi, kemampuan berbahasa inggris juga jadi syarat utama.

“Jadi harus menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Karena disana mereka akan mengajar dengan bahasa inggris, jadi harus betul-betul mahir,” ujarnya Gufran saat ditemui di ruangannya, Selasa (29/11) lalu.

Ia pun berharap, lewat kegiatan ini, mahasiswa UNM dapat berprestasi dan bersaing di kancah internasional.

“Sekarang sudah banyak mahasiswa UNM yang sudah berkiprah didunia internasional, semoga itu bisa terus ditingkatkan,” harapnya. (*)


*Tulisan ini terbit di Tabloid Profesi Edisi 208

Facebook Comments

You may also like

Jadi Ketua ADRI DPD Sulsel, Ini Kata Husain Syam

PROFESI-UNM.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Husain