HimaPlus Cetak Kader Anti Radikal Melalui LDKM

KILAS LK
Pembukaan LDKM HimaPlus FIP UNM di HL 102, Jum’at (14/9). (Foto: Ulil-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (HimaPlus) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) cetak kader anti radikal lewat Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM). Acara tersebut berlangsung di Asmil Yonif Para Raider 433 Kostrad, Kabupaten Maros, Sabtu (15/9).

Kegiatan tersebut bertema “Membentuk Jiwa Militan, Kritis, dan Berintegritas Menuju Kader yang unggul”. Sebanyak 48 peserta yang mengikuti LDKM.

Ketua Panitia LDKM HimaPlus, Muhammad Ilham Akbar. B mengatakan, tujuan kegiatan tersebut ialah, untuk menumbuhkan sikap kepemimpinan. Selain itu juga untuk mencegah pola pikir radikal terhadap mahasiswa baru.

“Untuk mewujudkan kader yang unggul dan tidak radikal,” katanya.

Pria asal Makassar ini menambahkan, LDKM kali ini melibatkan Letkol Inf. Syamsul Alam, S.E selaku Komandan Yonif Para Raider 434/JS untuk memberikan pemahaman kepada peserta akan wawasan kebangsaan. Karena melihat saat ini paham radikal sudah mulai merambah di dunia pendidikan.

“Karena mengingat paham radikalisme ditataran mahasiswa sudah mulai marak terjadi. Jadi, harapan kami dengan turut bekerja samanya militer dapat memberikan pengaruh bela negara kepada mahasiswa baru khususnya,” tambahnya.

Lanjut, ia mengharapkan, semoga dengan adanya kegiatan ini mampu memberikan revolusi terhadap pola pikir mahasiswa.

“Semoga dengan LDKM kali ini, kami mampu menciptakan kader yang unggul dan mencegah pola pikir radikal,” harapnya.

Adapun materi yang diberikan yaitu, metode persidangan, kepemimpinan, kesekretariatan, teknik lobi dan negosiasi, wawasan kebangsaan, keorganisasian, kemahasiswaan, kerangka berpikir ilmiah dan retorika, serta Strenghts, weakness, oppurtunities dan threats (swot). (*)


*Reporter: Ulil Afiah Az-zakiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *