LPM UNM Bahas Perkembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Seminar Nasional

Universitas Negeri Makassar
Ketua LPM UNM, Bakhrani Rauf saat memberikan cindera mata kepada keempat pemateri Seminar Nasional (Foto: Wahyudin – Profesi)

 

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan Seminar Nasional perdana. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang Teater lantai 3 Menara Pinisi, Sabtu (8/9).

Ketua LPM UNM, Bakhrani Rauf mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan guna mensosialisasikan Pengabdian Kemitraan Masyarakat. Hasil penelitian ini merupakan pengabdian dosen di lingkup UNM selama satu tahun ini.
“Setelah ini, PKM dosen dituntut luarannya harus berbasis prosiding atau artikel yang memang di masukkan ke dalam jurnal,” kata pria yang kerap di sama Bakhrani ini.
Selain itu, kata Bakhrani, hasil pengabdian ini akan di publikasikan ke media umum agar masyarakat pada umumnya mengetahui bahwa dosen UNM memiliki program kemitraan yang dapat meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat.
Peserta pada kegiatan tersebut sekitar 400 orang dosen yang berasal dari perguruan tinggi lain. Ada dari Manado, Palu, Sulawesi Barat, dan beberapa perguruan tinggi di Sulsel seperti Unibos, Unhas, UIN Alauddin, Unismuh, dan UMI.
Ada empat pemateri alumni kampus Jerman membawakan materi terkait peran perguruan tinggi dalam pengembangan ekonomi masyarakat.
Pertama dibawakan oleh PR I UNM, Muharram terkait Kebijakan Pengembangan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Kemudian Dosen Universitas Airlangga Moch. Yuwono dengan materi Peran Perguruan Tinggi dalam Memberdayakan Masyarakat.
Selain itu, pemateri lainnya Dosen Universitas Gajah Mada Wisnu Nurcahyo dengan materi Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Ekonomi Rakyat di Era 4.0. Serta Bupati Enrekang Muslimin Bando dengan materi Pengembangan Ekonomi Kreatif. (*)

*Reporter: Wahyudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *