Dosen UGM Paparkan Ancaman dan Peluang Era Baru Digital 4.0

Universitas Negeri Makassar
Wisnu Nurcahyo saat menjelaskan ancaman dan peluang era baru4.0 di ballroom lt.2 Menara Pinisi UNM, Sabtu (8/9) (Foto: Masturi- Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Wisnu Nurcahyo paparkan ancaman dan peluang era baru 4.0 dalam seminar nasional, yang berlangsung di Ballroom lt. 2 Menara Pinisi, Sabtu (8/9).

Wisnu Nurcahyo mengatakan, era digital 4.0 sangat berpengaruh terhadah global. Pada perubahan ini masyarakat harus bisa mengambil peran penting didalamnya.

Berikut ancaman era baru industrilisasi digital menurut Wisnu Nurcahyo:

1. Secara global era digital akan menghilangkan sekitar 1-1,5 milyar pekerjaan sepanjang tahun 2015-2025 karena di gantikan posisi manusia dengan mesin otomatis.

2. Perkiraan bahwa dimasa yang akan dating, 65% murid SD dunia akan bekerja pada pekerjaan yang belum pernah ada di hari ini.

Adapun peluang era baru industrilisasi digital yakni:

1. Era digitalisasi berpotensi memberikan peningkatan net tenaga kerja hingga 2,1 juta pekerjaan baru pada tahun 2025.

2. Terhadap perguruan emisi karbon kira-kira 26 miliar metric ton dari tiga industri: Eletronik (15,8 Miliar), Logistik (9,9 Miliar), dan Otomotif (540 Miliar) dari tahun 2015-2025


*Reporter: Masturi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *