Dosen PKK FT UNM Ini Kembali Adakan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas

Kilas Kampus
Dosen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), mengadakan penelitian tindakan kelas. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM Salah satu dosen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), mengadakan penelitian tindakan kelas. kegiatan ini berlangsung sekitar bulan Mei 2018 lalu.

Penelitian yang dilakukan oleh Syamsidah dalam bentuk Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Meskipun telah dihapus dalam kurikulum PKK ia tetap menerapkan hal ini kepada mahasiswa.

“Padahal penelitian tindakan kelas masih sangat dibutuhkan untuk penyelesaian studi mahasiswa yang cenderung mengambil judul yang berhubungan dengan peneitian tindakan kelas,” tuturnya.

Disamping itu, Ratnawati Tawani sebagai dosen PKK yang fokus mendampingi peserta dalam pelatihan. ia berharap agar peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan.

“semoga mahasiswa bisa terampil membuat judul penelitian, merumuskan masalah, terampil mencari sumber-sumber kajian pustaka, kerangka berpikir, metode penelitian, serta siklus penelitian tindakan kelas,” harap ratna.

Tak hanya itu, Ketua jurusan PKK FT UNM, Srikandi menyambut baik penelitian tindakan kelas ini. Sebab ini memeberikan kontribusi positif pada peningkatan kualitas mahasiswa.

“saya sarankan agar mahasiswa menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan prodi mahasiswa,” tambahnya.


*Reporter: Kurnia Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *