Trik Berantas Radikalisme Bagi Mahasiswa Dari Kapolda Sulsel

PMB
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan (Sulsel) Umar Septono memberikan kuliah umum pada acara PKKMB 2018 UNM. (Foto: Sahru-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Dalam kuliah umum yang dibawakan oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan (Sulsel) Umar Septono, memberikan trik bagi mahasiswa untuk melawan radikalisme dan terorisme di kampus. Kuliah umum diberikan kala Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Pelataran Menara Pinisi Kamis, (16/8).

Menurutnya, meningkatkan rasa toleran adalah hal utama bagi mahasiswa dalam mengahadapi radikalisme yang memasuki kampus. Menjadi lebih peduli antar sesama, dan mengurangi sikap apatis juga sepatutnya dilakukan untuk mengurangi kemungkinan mahasiswa terkontaminasi radikalisme.

“Pertama itu saling menghargai sesama, juga saling mengingatkan. Tidak lupa saling membantu, jangan kalau ada masalah kita sekedar acuh saja,” jelasnya.

Tak hanya itu, memperhatikan kegiatan maupun organisasi keagamaan yang bergerak di kampus, tidak melibatkan diri dengan organisasi agama yang menutup diri merupakan opsi terbaik. Menyaring berbagai informasi serta belajar menggunakan sosial media dengan bijak juga harus dilakukan.

“Lakukan kegiatan agama juga harus dipilih dengan baik. Isi waktu luang kalian dengan hal positif, serta bijak dalam bersosial media,” katanya.

[divider][/divider]

*Faisal Fajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *