Menu Sahur Modal Rp 10.000

Menu Sahur Modal Rp 10.000

0
Tumis Kangkung (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Kadang menjadi dilema tersendiri jika menjalani bulan ramadhan, dan kita masih merantau atau istilahnya masih menyandang julukan anak indekos atau yang sering disebut kost. Kondisi keuangan yang terbatas serta kurangnya pengetahuan memasak, menjadikan konsumsi saat sahur maupun berbuka terbilang monoton dan tidak bergizi. Tapi bukan berarti, sebagai anak kost kita tidak bisa membuat makanan enak meski menjadi anak kost. Yuk cek resep makanan modal Rp 10.000-an yang bisa kamu coba.

1.Tumis Kangkung
Seikat kangkung dengan harga Rp 2.000 cukup ditambah saus tiram sachet seharga Rp 2.500 perbungkusnya, ditambah bumbuh dasar. Sudah cukup untuk jadi modal membuat tumis kangkung yang enak disantap saat sahur, tinggal tambah bahan lainnya seperti teri asin seharga Rp 2.000 atau sosis sebagai campuran tambahan.

2. Omelette Campur
Cukup membeli dua buah telur dengan harga Rp 2.000, ditambah sosis dengan sebungkusnya Rp 1.000/2.000 sudah dapat disulap menjadi omelette yang enak, serta mudah dibuat, pasalnya setiap bahan cukup dicampur dan diberi garam serta pada secukupnya. Cukup tambahkan daun bawang seharga Rp 1.000, maka kamu bisa melewatkan sahur dengan makanan yang cukup bergizi.

3.Nasi Goreng dan Telur Ceplok
Masih ada sisa nasi saat berbuka? Bagaimana jika diolah menjadi nasi goreng untuk santap sahur saja? Jika tidak mau repot, cukup membeli bumbu nasi goreng seharga Rp 2.000 persachetnya, ditambah sosis seharga Rp 1.000, dan jagung seharga Rp 2.000/2.500 perbijinya. Tak lupa telur seharga Rp 2.000 perbijinya, sudah cukup untuk dihidangkan sebagai nasi goreng saat santap sahur nanti.

4.Tumis Asin dan Tempe
Dengan tempe seharga Rp 2.000/2.500 perbungkusnya yang digoreng kering dan ikan teri asin seharga Rp 2.000/4.000. Diracik dengan bumbu dasar seperti bawang merah dan putih serta sedikit kecap, sudah bisa dibuat menjadi tumis tempe teri asin yang bisa membantumu melewati satu hari puasa.

5. Tempe dan Tahu Geprek
Suka makan pedas? Bagaimana jika mencoba menu tempe dan tahu geprek. Dengan tempe seharga Rp 2.000/2.500 perbungkusnya, dan tahu seharga Rp 1.000 yang kemudian digoreng. Lalu digeprek atau dipipihkan, di atas sambal yang bisa kamu buat dengan modal 4.000.

Setelah baca resep tadi, sudah nggak ada alasan yah, untuk santap sahur dengan menu itu-itu saja dan tidak sehat seperti mi instan. Selamat berpuasa. (*)

*Penulis: Faisal Fajar

Facebook Comments

You may also like

Cuti 10 Hari Idul Fitri, Rektor UNM Himbau Penanggung Jawab Unit Kerja Lakukan Hal ini

PROFESI-UNM.COM – Dalam rangka Hari Raya Idul Fiti