Begini Tips Rio Febrian Jadi Wisudawan Terbaik Fakultas Teknik UNM

Begini Tips Rio Febrian Jadi Wisudawan Terbaik Fakultas Teknik UNM

0
Wisudawan terbaik Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM), Rio Febrian (Foto: Nurul – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Wisuda periode kedua tahun akademik 2017/2018 telah usai dilaksanakan. Sebanyak 1.809 wisudawan secara resmi dikukuhkan sebagai alumni UNM (12/4).

Menjadi wisudawan terbaik bukanlah hal yang mudah. Namun, diakui Rio Febrian, wisudawan terbaik I Fakultas Teknik UNM, capaiannya tersebut merupakan sebuah kesyukuran baginya maupun teman-teman se-jurusannya.

“Alhamdulillah sebuah kesyukuran dan kesenangan sekaligus haru. Senang karena bisa mewakili teman-teman dari Prodi Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) sebagai wisudwan terbaik FT juga haru karena akan melepas status sebagai mahasiswa,” akunya.

Proses memang tak mengkhianati hasil, Rio bercerita, selama kuliah dirinya telah mencoba mengasah empat bidang kemampuan yang harus dimiliki semua orang untuk mengasah kompetensinya.

Mahasiswa angkatan 2013 ini mengatakan, kemampuan pengembangan otak maupun emosional pun harus di asah selama masa perkuliahan.

“Ada kemampuan Intelligence Quotient (IQ) yakni dengan banyak baca, diskusi dan manajemen waktu yang baik. Juga Emotional Quotient (EQ) mengasah melalui organisasi, kegiatan luar kampus, pelatihan, seminar, wirausaha dan lainnya,” katanya.

Eks Ketua HMPS PTP FT UNM ini menambahkan, persoalan agama dan pengembangan keagamaan pun perlu dilakukan untuk menunjang perkuliahan.

Spiritual Quotient (SQ) juga diasah melalui pendekatan agama, kajian dan diskusi kegamaan. Dan terakhir Emotional Spiritual Question (ESQ) berupa manajemen bidang rohani dan pengembangan keagamaan pun perlu diterapkan,” bebernya. (*)

*Reporter: Nurul Charismawaty

Facebook Comments

You may also like

Siapkan Pemuda Di Bidang Teknologi HME Adakan Electrical Day II

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Fakultas Teknik (FT)