UNM Ranking 13 Publikasi Internasional di Indonesia

Headline News Universitas Negeri Makassar
Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar (UNM) – (Foto: Dok. Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Pembantu Rektor Bidang Kerjasama (PR IV) Universitas Negeri Makassar (UNM) Gufran Darma Dirawan mengungkapkan bahwa di tahun 2018, UNM menempati posisi 13 publikasi internasional.

“Tahun ini publikasi jurnal kita meningkat cukup baik. Sekarang kita berada diurutan 13 publikasi internasional,” katanya saat ditemui di lift Menara Pinisi, Kamis (15/3).

Guru besar Fakultas Teknik (FT) ini menambahkan bahwa pemeringkatan ini terindeks di Science and technology index (Sinta) riset teknologi dan pendidikan tinggi. Sinta merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek.

“Bisa dicek di sinta 2 ristekdikti. Disitu ada semua data publikasi internasional perguruan tinggi,” tambahnya.

UNM berada di urutan ke 13 dengan skor sinta 8.896. Sebanyak 453 yang menulis. Jumlah penelitian yang dihasilkan yaitu artikel jurnal sebanyak 204, bab buku sebanyak 11, dan makalah konferensi sebanyak 57.

Posisi pertama publikasi internasional diperoleh Universitas Indonesia dengan sinta score 39.252, kemudian di posisi kedua yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan sinta score 37.840, dan Universitas Gajah Mada (UGM) berada di posisi ketiga dengan sinta score 33.885. (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Wahyudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *