Teliti Lansia, FMIPA UNM Kembali Lahirkan Doktor

Teliti Lansia, FMIPA UNM Kembali Lahirkan Doktor

0
Dosen Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) saat memaparkan disertasinya di Aula Program Pascasarjana (PPs) UNM, Selasa (13/2) – (Foto: Hasnur – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali lahirkan doktor yakni, Bernard dalam bidang Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH). Promosi doktor tersebut berlangsung di Aula Program Pascasarjana (PPs) UNM, Selasa (13/2).

Dalam disertasinya dengan judul ‘Model Kualitas Hidup Lanjut Usia Kota Makassar’, dosen Jurusan Matematika ini menjelaskan jika masyarakat lanjut usia (lansia) membutuhkan bantuan untuk tetap produktif di usianya. Hal ini dapat diterapkan melalui pelayanan posyandu lansia yang lebih pariatif lagi, serta memberikan manfaat pada para lansia.

“Masyarakat lansia itu harus produktif, meski dengan usia yang telah lanjut. Di sini kegiatan posyandu lansia harus lebih ditingkatkan lagi, tidak hanya sekadar memberikan pelayanan kesehatan, tapi juga memberikan pelatihan atau kegiatan lainya,” jelasnya.

Dia pula mengatakan, yang terpenting dari para lansia ini tidak hanya sekadar menjadi sehat, tapi juga menjadi lebih berkualitas lagi. Menurutnya, ini dapat didukung dengan mengadakan edukasi pada masyarakat, serta adanya pendidikan terhadap proses dan gejala penuaan atau gerontologi.

“Yang terpenting itu, bagaimana menjadi lansia yang berguna dan berkualitas. Solusinya, bisa dengan melakukan pelatihan, serta dengan gerontologi atau ilmu terkait lansia,” katanya. (*)

*Reporter: Muh. Hasnur / Editor: Faisal Fajar

Facebook Comments

You may also like

Cuti 10 Hari Idul Fitri, Rektor UNM Himbau Penanggung Jawab Unit Kerja Lakukan Hal ini

PROFESI-UNM.COM – Dalam rangka Hari Raya Idul Fiti