Pengisian dan Verifikasi Berkas PDSS SNMPTN 2018 Dibuka Besok

Pengisian dan Verifikasi Berkas PDSS SNMPTN 2018 Dibuka Besok

0
Peserta yang telah lolos SNMPTN 2016 saat melakukan verifikasi berkas di Auditorium Amanagappa (Foto: Dok.Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Melalui laman resmi ristekdikti.go.id, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Muhammad Nasir menyatakan bahwa pengisian dan verifikasi berkas Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 dibuka besok, Sabtu (13/1) dan akam ditutup pada 10 Februari 2018 mendatang.

“Aplikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS sudah disiapkan dan siap diakses besok pagi oleh siswa dan sekolah,” kata Mohammad Nasir di Auditorium Utama Kemenristekdikti, Jakarta Selatan Jumat (12/1).

SNMPTN ini merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penulusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester satu hingga semester lima.

Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS. Selain itu juga harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

Adapun sekolah yang siswaya berhak mengikuti jalur ini yaitu SMA sederajat yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar. Sementara untuk siswa sendiri yaitu lulusan tahun 2018.

Siswa pendaftar dari keluarga tidak mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/.

Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN Tahun 2018 akan diinformasikan melalui laman http://www.snmptn.ac.id. (*)


*Reporter: Arwini Puspitasari / Editor: Wahyudin

Facebook Comments

You may also like

Tak Bayar UKT Hingga 31 Mei, Camaba UNM Dinyatakan Gugur

PROFESI-UNM.COM – Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I)