Intip 10 Deretan Universitas Terbaik di Dunia

Intip 10 Deretan Universitas Terbaik di Dunia

0
Massachusetts Institute of Technology, institusi riset swasta dan universitas yang terletak di kota Cambridge, Massachusetts tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat. MIT memiliki 5 sekolah dan satu kolese, mencakup 32 departemen yang mengkhususkan diri pada sains dan penelitian teknologi. (Foto: LinkedIn)

PROFESI-UNM.COM – Salah satu situs perangkingan universitas di dunia, Quacquarelli Symonds (QS) telah merilis deretan peringkat universitas di tahun 2018.  Sebanyak 959 perguruan tinggi yang terdaftar dalam publikasi tahunan tersebut.

Sepuluh universitas terbaik didominasi oleh Amerika Serikat, bahkan empat besar universitas terkemuka berturu-turut berasal dari Negeri Paman Sam tersebut.

Berikut daftar 10 universitas terbaik di dunia tahun 2018:

1. Massachusetts Institute of Technology (M.I.T.)

Massachusetts Institute of Technology (M.I.T.) – (Foto – Int.)

Massachusetts Institute of Technology (M.I.T.) didirikan pada tahun 1861. MIT diklaim sebagai universitas terbaik di dunia karena mencapai skor maksimum di semua kategori atau penilaian dengan nilai 5+. Mulai dari penelitian, kelayakan kerja, pengajaran, fasilitas, internasionalisasi, inovasi, kriteria khusus dan inklusivitas.

2.Stanford University

Stanford University (Foto – Int.)

Ialah universitas yang terletak di San Fransisco. Universitas ini terdiri atas Sekolah Teknik, Hukum, Kedokteran, Pendidikan, Bisnis, Ilmu bumi, dan Humaniora serta Sains.

3. Harvard University

Harvard University (Foto – Int.)

Universitas Harvard adalah salah satu universitas paling bergengsi di dunia. Universitas ini didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat.

4. California Institute of Technology (Caltech)

California Institute of Technology. (Foto: Int.)

Caltech adalah lembaga penelitian dan pengajaran yang kecil namun kuat. Dengan rasio fakultas mahasiswa 3: 1, ia memiliki 300 staf pengajar, 600 ilmuwan penelitian, dan 99% muridnya berada di urutan kesepuluh dari kelas lulus sekolah menengah.
Caltech mendapatkan 5 bintang dari QS dan merupakan kelas teratas dalam penelitian, inovasi, fasilitas dan kriteria khusus.

5. University of Cambridge

University of Cambridge (Foto: Int.)

Universitas Cambridge telah mencapai lima bintang QS maksimum dalam empat kategori: kriteria penelitian, inovasi, pengajaran dan spesialis. University of Cambridge berada di posisi kelima dalam peringkat pekerjaan pascasarjana.

6. University of Oxford

University of Oxford (Foto: Int.)

Universitas Oxford ini terdiri dari berbagai institusi, termasuk 38 kolese konstituen dan beragam departemen akademik yang dibagi menjadi empat Divisi.[7] Oxford telah melahirkan banyak alumni terkemuka, dan 58 penerima Hadiah Nobel pernah belajar atau memiliki afiliasi dengan Universitas Oxford.

7. UCL (University College London)

UCL (University College London) (Foto: Int.)

University College London dianggap sebagai salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan merupakan lembaga pendidikan tinggi terbesar di area London. Universitas ini adalah institusi pascasarjana terbesar di Inggris.

8. Imperial College London

Imperial College London (Foto: Int.)

Peringkat 8 di dunia dalam QS World University Rankings 2018. Imperial College London adalah institusi satu-satunya di Inggris, hanya berfokus pada sains, teknik, kedokteran dan bisnis.

9. University of Chicago

University of Chicago (Foto: Int.)

Saat ini berada di peringkat 9 dunia menurut QS World University Rankings. Menjadikannya universitas dengan peringkat kelima tertinggi di AS. Universitas ini memiliki banyak alumni terkemuka, termasuk 13 miliarder dan 51 ilmuwan Rhodes.

10. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology

ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology (Foto: Int.)

Universita ini terletak di jantung Eropa. Dari universitas ini telah lahir banyak peraih Penghargaan Nobel, seperti Albert Einstein (perumus teori relativitas) dan Wolfgang Pauli (terkenal dengan “Larangan Pauli”). Wilhelm Conrad Röntgen, penemu sinar X, juga menempuh studi di sini. (*)


*Reporter: St Aminah

Facebook Comments

You may also like

Mahasiswa FIK UNM Keluhkan Biaya Ramah Tamah

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas