Inilah Enam Tipe Dosen di Kampus

Inilah Enam Tipe Dosen di Kampus

0
Ilustrasi dosen mengajar (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Dalam dunia kampus, ada benyak tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa. Mulai dari pertemanan, lingkungan masyarakat, lingkungan akademik, dan termasuk karakter dosen. Jika kamu menemukan sifat dosen yang mungkin saja terkesan aneh, maka mahasiswa harus pintar-pintar menghadapnya. Inilah 6 tipe dosen yang banyak ditemui di kampus.

1. Dosen Normal

Dosen yang ini normal-normal saja. Kadang telat, kadang on time. Kalo telat kasih kabar dulu ke dia. Di kelas juga cara mengajarnya selayaknya seorang dosen. Kadang memberi pertanyaan langsung dan tugas. Ketika ujian, kalau kamu belajarnya benar, kamu bisa dapat A, tapi kalau tidak belajar, kamu bisa saja tidak lulus.

Cara mengatasinya : Kamu Belajar yang giat, aktif di kelas, jangan keseringan bolos.

2. Dosen Killer

5 sampai 10 Menit sebelum kelas dimulai beliau sudah duduk rapi di mejanya. Proyektor sudah menyala, papan tulis sudah bersih dan spidol sudah siap. Ketika waktunya tiba, kelas pun dimulai. Beliau mulai mengabsen mahasiswanya satu persatu. Kamu datang hanya 2 menit setelah absen selesai, tapi tiada ampun bagimu.

Cara menghadapinya : Kamu Banyak-banyak berdoa dan belajar. Jangan banyak tingkah, dan tinggalkan kehidupan sosial dan percintaan selama masa ujian.

3. Dosen Tua

Dosen-dosen tua biasanya memiliki pengetahuan yang mendalam dalam bidang studinya, dan juga mempunyai segudang pengalaman untuk dibagi. Karena sudah tua, biasanya mereka tidak aneh-aneh waktu mengajar. Dan biasanya kelas berakhir sebelum waktunya karena dosen tua lebih cepat lelah. Mereka juga cenderung tidak pelit dalam hal memberi nilai.

Kelemahannya hanya 1, karena mereka sudah tua. Kalau mengajar masih pakai OHP atau slide manual, dan kalaupun bisa pakai komputer, nyalainnya bisa 15 menit sendiri.

Cara menghadapinya : Kamu sebaiknya cari muka dengan cara membantu menyalakan komputer atau membantunya menyusun berkas di mejanya.

4. Dosen Nyentrik

Dosen nyentrik ini biasanya yang paling diingat sama mahasiswanya, karena mereka punya ciri khas yang sangat aneh, baik itu kelakuan atau penampilan.

Misalnya punya dosen yang suka pake topi koboi dan kuteks warna warni waktu ngajar, padahal dosen ini adalah bapak-bapak, dan hobinya adalah bercanda. Terus pernah lagi punya dosen yang fanatik sama sebuah klub bola, kalau klubnya itu menang pas mengajar bakal jadi super baik. Tapi kalau klubnya itu kalah, semua bisa kena marah sama dia.

Cara mengatasinya : Kamu harus Pelajari gerak gerik dan ciri khasnya. Gunakan informasi tersebut untuk keuntungan kamu.

5. Dosen Gaib

Dosen-dosen gaib itu biasanya punya kerjaan selain mengajar di kampus, dan cuma ke kampus kalau mau mengajar. Tidak banyak yang kenal mukanya, soalnya memang jarang kelihatan.

Waktu ujian tiba, kamu pun belajar seadanya dari buku, karena sebenarnya kamu dan teman-temanmu tidak mengerti sama mata kuliah ini. Dan setelah nilai keluar, kamu pun bingung kenapa nilai kamu segitu. Benar-benar gaib.

Cara menghadapinya : Dosen ini gaib seperti ninja. Kamu harus waspada, buka mata dan telinga untuk serangan tiba-tiba.

6. Dosen Baik

Definisi dosen baik itu singkat, padat dan jelas. Dosen yang tidak macam-macam dan memberi kamu nilai A.

Cara menghadapinya : Kamu jangan semena-mena dengan dosen yang kayak begini.

Itulah 6 tipe-tipe dosen yang banyak ditemui di kampus. Dosen manakah yang kamu sukai? (*)


*Irham Nur

Facebook Comments

You may also like

Jangan Pusing! Terapkan Lima Kiat Ini Agar Tugas Kuliahmu Gampang Terselesaikan

PROFESI-UNM.COM – Tak bisa dipungkiri. tugas kuliah juga