Lakukan Lima Hal Ini, Jika Kamu Merasa Terlanjur Salah Jurusan

Lakukan Lima Hal Ini, Jika Kamu Merasa Terlanjur Salah Jurusan

0
Salah jurusan. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Salah jurusan bukanlah suatu persoalan yang sangat langka untuk dibahas. Kerap kali segelintir mahasiswa mengakui penyesalannya memilih beberapa jurusan yang bukan idamannya.

Ada yang kemudian memilih pindah ke jurusan lain, namun tak jarang juga ada yang memilih untuk tetap menyelesaikan studi pada jurusan tersebut.

Lantas, apa yang akan kamu lakukan jika memilih bertahan di jurusan yang menurutmu salah?. Yuk baca lima tips berikut jika kamu memilih melanjutkan jurusan itu;

1. Bergabung di UKM/organisasi yang sesuai dengan minat dan bakatmu

Di Universitas Negeri Makassar (UNM) banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau organisasi yang disediakan bagi mahasiswa baik dalam bidang Jurnalistik, olahraga, maupun seni. Kalian bisa memilih bergabung di UKM/organisasi yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

2. Perluas jaringan pertemanan

Setelah kalian bergabung di organisasi, kalian akan banyak bertemu dengan teman dari jurusan maupun fakultas berbeda. Bangun hubungan baik dengan mereka, tidak menutup kemungkinan setelah selesai di Universitas kalian akan bekerjasama dengannya.

3. Belajar lebih giat

Merasa salah jurusan bukan berarti menjadikanmu malas belajar. Justru kalian harus lebih giat belajar agar kalian bisa membuktikan bahwa kamu bisa mengikuti perkuliahan dengan baik.

4. Ingat sudah seberapa jauh langkahmu

Jika ditengah proses perkuliahan kalian mengalami jenuh atau tidak bersemangat, ingat lagi sudah seberapa jauh perjalanan anda. Ingat kembali proses yang telah anda lewati. Hal itu mampu membangkitkan kembali semangat Anda.

5. Jangan disesali

Jangan merasa menyesal bila kalian merasa salah jurusan. Manusia tidak lepas dari pilihan, namun ada kalanya langkah yang diambil kurang tepat. Coba jalani dan ambil hikmahnya. (*)

*Penulis: Andi Asoka Ulfa

Facebook Comments

You may also like

Ini Selfiah Ariana, Keliling UNM Jual Kue Pia Untuk Biaya Kuliah

PROFESI-UNM.COM – Berjalan sejauh kurang lebih 2,5 kilometer.