Begini Alasan Rektor UNM Larang Maba Ikut Kegiatan LK

Begini Alasan Rektor UNM Larang Maba Ikut Kegiatan LK

0
Rektor UNM, Husain Syam saat menyampaikan landasan adanya surat edaran larangan mengikuti kegiatan LK bagi Maba 2017. (Foto: Noval-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Menanggapi tuntutan pencabutan aturan pelarangan berkegiatan bagi mahasiswa baru, Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam berikan alasan penerapan kebijakan tersebut.

Menurutnya, salah satu penyebab Drop Out (DO) dini pada mahasiswa baru disebabkan oleh ketidaksanggupan melulusi beban SKS yang ada di semester I dan II.

“Menurut analisis saya selama jadi Dekan di Fakultas Teknik, salah satu penyebab mahasiswa baru terkena DO dini adalah karena mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sehingga tidak mampu melulusi beban SKS yang ada di semester I dan II,” katanya.

Ia beranggapan, surat edaran pelarangan berorganisasi bagi mahasiswa baru tersebut merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan maba dari DO dini.

“Tidak ada maksud apa-apa, ini semata-mata untuk menyelamatkan adik-adik mahasiswa baru dari DO dini,” tambahnya.

Ia menjelaskan, saat ini mahasiswa baru jangan dulu dibebani dengan kegiatan ekstrakurikuler.

“Biarkan fokus dulu menyelesaikan urusan akademiknya di semester I dan II, nanti kalau sudah semester III, silahkan diajak untuk masuk dikegiatan ekstrakurikuler apa saja,” jelasnya. (*)

*Reporter: Noval Kurniawan

Facebook Comments

You may also like

Pergantian Ketua, HMPS Sasindo FBS Gelar Musker

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sastra