Kenali Sosok Arsitek Perancang Menara Pinisi UNM

Kenali Sosok Arsitek Perancang Menara Pinisi UNM

0
Yu Sing, pemenang sayembara perancangan arsitek Menara Pinisi yang diadakan oleh UNM pada tahun 2008. – (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Menara Pinisi merupakan Gedung Pusat Pelayanan Akademik (GPPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang terletak di Jalan A.P. Pettarani, Makassar. Gedung 17 lantai ini merupakan hasil sayembara perancangan arsitek gedung yang diadakan oleh UNM pada tahun 2008.

Pada saat pengumuman, 13 Januari 2009, tim juri menetapkan karya terbaik pertama adalah desain Menara Pinisi dari kelompok Genesis dengan arsitek yaitu Yu Sing. Dari Sayembara itu, Ia mendapat hadiah sebesar Rp 40 Juta serta karyanya direalisasikan.

Yu Sing adalah seorang arsitek muda yang lahir di Bandung pada 5 Juli 1976. Ia menyelesaikan pendidikan arsitekturnya di Jurusan Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1999.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Yu Sing mendirikan studio arsitektur yang diberi nama “Genesis”. Genesis adalah biro konsultan desain dengan semangat eksplorasi arsitektur kontemporer terhadap bentuk-bentuk geometris yang kuat.

Pada bulan Juni 2011, Genesis berubah nama menjadi akanoma, yang merupakan singkatan dari akar anomali yakni, memperkuat komitmen untuk senantiasa berakar pada konteks potensi Indonesia dan persoalan masyarakat yang terpinggirkan.

Dalam proyek ini, Ia bersama dengan rekan membantu memberikan desain gratis dan juga ikut menggalang dana untuk membuat rumah layak huni yang aman bagi beberapa masyarakat yang kurang mampu.

Tekadnya bahwa arsitektur adalah untuk semua, tidak terbatas pada kalangan menengah ke atas saja. Terbukti pada buku karya pertamanya yaitu buku “mimpi RUMAH MURAH” memiliki misi memasyarakatkan arsitektur dengan banyak membantu desain rumah murah di berbagai daerah di Indonesia dengan jasa desain murah yang diterbitkan Transmedia Pustaka.

Karya-karya Yu Sing cukup banyak diliput di berbagai media arsitektur di Indonesia maupun Asia Pasifik. Bersama rekannya Benyamin Narkan, Eguh Murthi Pramono, dan Iwan Gunawan dalam tim desain, ia aktif mengikuti berbagai sayembara desain arsitektur sejak masih kuliah.

Beberapa diantaranya menjadi pemenang ke-1 Gereja Kristen Indonesia Anugerah Bandung, pemenang ke-2 Sekolah internasional BPK Penabur Singgasana Pradana Bandung, pemenang ke-1 TK Internasional BPK penabur Bahureksa Bandung, pemenang ke-3 Taman Rakyat Cimahi, Top 10 Fasade Rumah Ide, pemenang ke-1 Desain Muka Jakarta Design Centre, dan pemenang ke-1 Gedung Pusat Pelayanan Akademik Universitas Negeri Makassar atau yang sekarang disebut dengan Menara Pinisi.

Sumber: Berbagai referensi dan blog Yu Sing. (*)


*Ayu Ananda Pratiwi

Facebook Comments

You may also like

English Poly Card, Media Pembelajaran Bahasa Inggris Ala Tim ENJ UNM

PROFESI-UNM.COM – Tim Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) delegasi