Berita Terbaru!! :
Home » , » UNM Siapkan 61 Pilihan Prodi untuk SNMPTN

UNM Siapkan 61 Pilihan Prodi untuk SNMPTN

Admin by Imam Rahmanto on Saturday, 9 February 2013 | 03:18

(int)
PROFESI-UNM.COM - Sejak tanggal 17 Desember, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) telah berlangsung. hal tersebut diawali dengan pendaftaran sekolah maupun pengisian nilai siswa yang bakal berlangsung sampai 11 Februari mendatang.

Tercatat ada 61 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang bakal menjadi tuan rumah pelaksana SNMPTN 2013 ini, termasuk Univewrsitas Negeri Makassar (UNM). Universitas yang terkenal dengan julukan Kampus Orange inipun saat ini sementara menjalani proses sosialisasi pendaftaran mahasiswa baru tersebut. Ada 61 pilihan program studi yang disediakan, diantaranya 45 program studi Kependidikan dan 16 program studi non-Kependidikan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 tidak lagi dipungut biaya pendaftaran. Penerimaan mahasiswa baru tersebut juga akan mengambil kuota minimal 60 persen untuk jalur undangan. Sedangkan untuk jalur ujian tulis sendiri, mendapatkan kuota minimal 30 persen, khusus untuk mahasiswa angkatan 2011 maupun 2012.


Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I), Sofyan Salam  menegaskan, biaya pendaftaran SNMPTN untuk jalur undangan seluruhnya ditanggung oleh pemerintah. Hanya saja, untuk jalur ujian tulis masih tetap dikenai biaya yang besarannya sesuai dengan pilihan paket; IPA, IPS, ataupun IPC.

Selain itu, PTN yang dipilih salah satunya harus berada di provinsi pelaksanaan SNMPTN atau lokasi terdekat jika wilayahnya tidak memiliki PTN. Jurusan atau prodi yang diminati hanya bisa memilih maksimal dua opsi pada masing-masing PTN yang diminatinya.

Pendaftaran sudah bisa dilakukan sejak awal Februari lalu hingga 8 Maret. Tiap siswa yang telah memiliki NISN dan password dari sekolah masing-masing yang telah menginput datannya di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dapat melakukan pendaftaran di situs resmi SNMPTN (snmptn.ac.id). Dilanjutkan dengan mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. (*)


*Reporter: Imam Rahmanto/ Azhar Fadhil
Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap