Berita Terbaru!! :
Home » , » Jurusan PLB Tetapkan 80 Kursi untuk Maba

Jurusan PLB Tetapkan 80 Kursi untuk Maba

Admin by Imam Rahmanto on Saturday, 16 February 2013 | 02:24

Seorang calon mahasiswa baru sedang mengerjakan soal SNMPTN, 2012. (Rizki-Profesi)
PROFESI-UNM.COM - Menjelang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, beberapa jurusan di UNM tengah bersiap menyediakan “kursi” untuk jalur seleksi anyar tersebut. Tidak terkecuali bagi jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) yang telah menetapkan kuota sebanyak 80 kursi untuk calon Mahasiswa Baru (maba) melalui jalur nasional tersebut.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Jurusan PLB, Triyatno Pristiwamulyo ketika dijumpai di ruang kerjanya. Ia menegaskan, jurusan yang dinaunginya tidak akan menambah ataupun mengurangi kuota di jalur SNMPTN. Tidak ingin mengulangi kesalahan tahun lalu, ia berharap jumlah pendaftar yang lulus melalui jalur SNMPTN bisa memenuhi kuota yang telah disediakan. “Semoga tidak ada jalur mandiri susulan lagi bagi PLB. Kalau dari SNMPTN sudah memenuhi kuota, maka kami tidak perlu menambah lagi. Begitu juga kalau kekurangan dua-tiga pendaftar, tetap tidak akan ditambah. Tahun ini kuota tetap sebanyak 80 kursi buat maba,” tegasnya.

Bercermin pada tahun sebelumnya, jurusan PLB membuka seleksi maba melalui jalur Mandiri susulan. Kuota 80 kursi yang disediakan melalui SNMPTN tidak terpenuhi sebagaimana yang diharapkan. Hanya sebanyak 53 mahasiswa yang dinyatakan lulus menempati jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) tersebut.

Meskipun demikian, Triyatno membantah perihal kurangnya peminat dari jurusan yang dinaunginya itu. “Tidak benar jika pendaftar PLB kurang. Dulu, yang dinyatakan berhasil lulus oleh Dikti berdasarkan passing grade memang kurang dari jumlah kuota yang disediakan, hanya 53 orang. Sementara pendaftar yang ada sebanyak 98 orang,” jelasnya. Oleh karena itu, lanjutnya, pihak fakultas memutuskan untuk membuka jalur mandiri susulan dan meningkatkan kuota menjadi 120 kursi.


*Reporter : A.Sri Mardiyanti Syam
Share this article :
0 Komentar
Tweet
Komentar

0 comments :

Sampaikan tanggapan Anda

Tanpa Anda Kami Belum Lengkap